Sabtu, 01 Oktober 2016

cara backlink

Madoenz SEO - Apa itu backlink? Bagaimana cara menanam backlink yang benar? Dalam menanam backlink untuk blog kita, sebaiknya kita tidak asal-asalan dalam menanam backlink. Karena, jika kita asal-asalan dan salah dalam menanam backlink bisa berakibat buruk untuk blog kita.
Apa itu backlink? Backlink adalah sebuah tautan (link) dari web atau blog lain yang menuju ke blog atau web kita. Mengapa backlink sangat penting? Backlink sangat penting sekali dalam SEO, karena banyak sekali manfaat dari backlink ini. Seperti dapat meningkatkan posisi artikel di SERP, mendapatkan atau meningkatkan pagerank, meningkatkan rank Alexa dan masih banyak yang lainnya.
Cara menanam backlink yang benar ini bertujuan agar manfaat yang didapat dari backlink yang ditanam lebih maksimal serta aman dan berdampak positif untuk blog kita. Lalu, bagaimana cara menanam backlink yang benar?
  1. Menanam Backlink Ke Situs Yang Relevan
    Yang pertama dalam menanam backlink yang benar adalah dengan menanam backlink ke situs yang relevan. Selain mengutamakan pagerank sebagai faktor backlink yang berkualitas, kamu juga harus mengutamakan niche yang relevan dengan blog kamu. Apa itu relevan? Relevan artinya adalah 'berhubungan'. Jadi, menanam backlink ke situs yang relevan dengan blog kamu adalah menanam ke situs yang memiliki topik pembahasan yang sama. Dengan begitu Google akan menganggap backlink tersebut adalah sebuah kerja sama antara dua blog dengan topik pembahasan yang sama dan akan saling menguntungkan satu sama lain.
  2. Menanam BacklinK Yang Sewajarnya
    Menanam backlink yang sewajarnya memang patut diperhatikan! Jika kamu melebihi batas yang sudah tidak wajar dalam menanam backlink. Tentu, hal tersebut akan langsung dicuragai dan dianggap spam oleh Google. Kenapa? Ya karena Google menganggap itu adalah tindakan spamer dan mencoba memanipulasi. Contoh, kamu mempunyai blog baru dengan usia satu bulan. Lalu, selama sebulan kamu terus menanam backlink, menggunakan backlink generator, dan cara lainnya. Dan dalam satu bulan tersebut kamu sudah mendapatkan 1000 backlink. Apakah hal itu wajar? Bagaimana mungkin blog yang baru berusia satu bulan sudah mendapatkan 1000 backlink? Tentu Google juga akan menggangap spam blog kamu dan memasukannya ke dalam Google sandbox. Jadi, tanamlah backlink yang sewajarnya saja. ntinya adalah jangan menanam backlink yang melebihi batas wajar, tanamlah backlink secara original dan tidak membeli backlink dari situs yang berpagerank tinggi.
  3. Menentukan Arah Backlink
    Selanjutnya adalah menentukan ke halaman manakah backlink tersebut akan diarahkan. Biasanya, backlink yang diarahkan ke halaman post, itu bertujuan untuk meningkatkan posisi post tersebut di SERP. Agar backlink yang ditanam lebih optimal dan maksimal, sebaiknya kamu membuat link building untuk meningkatkan posisi artikel di SERP.
  4. Menentukan Anchor Text Backlink
    Tahukah kamu bahwa anchor text sebuah backlnk itu dapat berpengaruh pada keyword (anchor text itu sendiri) di SERP. Apa itu anchor text? Anchor text adalah kata yang mewakili sebuah link. Contoh, kamu sering berkomentar di blog lain dengan Name/Url dan dengan anchor text "nama kamu". Maka, kata "nama kamu" tersebut ketika di search di Google akan muncul blog kamu. Jadi, anchor text tersebut akan menjadi keyword untuk blog kamu. Semakin banyak anchor text yang sama yang mengarah ke blog kamu akan menguatkan keyword (anchor text itu sendiri) di SERP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar